at coommad sms 5

5 03 2010

Cara kerja sms

5.1. Periode validitas SMS Pesan

Pesan SMS akan disimpan sementara di pusat SMS jika ponsel penerima sedang offline. Hal ini dimungkinkan untuk menentukan periode setelah mana pesan SMS akan dihapus dari pusat SMS sehingga pesan SMS tidak akan diteruskan ke ponsel penerima ketika menjadi online.Periode ini disebut masa berlakunya.

Berikut adalah contoh yang menggambarkan bagaimana masa berlaku dapat digunakan.Misalnya anda menemukan program yang sangat menarik yang ditayangkan di TV sekarang.Anda pikir teman Anda mungkin ingin menontonnya. Jadi, Anda mengirim pesan teks untuk memberitahu teman Anda tentang program TV. Katakanlah program TV berlangsung selama satu jam. Pesan teks SMS Anda tidak akan berguna untuk teman Anda jika ponsel tidak tersedia sebelum program selesai. Dalam situasi ini, Anda mungkin ingin mengirim pesan teks dengan masa berlaku satu jam untuk teman Anda. Carrier nirkabel tidak akan menyampaikan pesan teks SMS ke teman Anda jika ponsel tidak tersedia sebelum masa berlakunya berakhir.

Sebuah ponsel harus memiliki pilihan menu yang dapat digunakan untuk mengatur masa berlakunya. Setelah pengaturan ini, ponsel akan meliputi jangka waktu yang berlaku di outbound pesan SMS secara otomatis.

5.2. Pesan Status Laporan

Kadang-kadang Anda mungkin ingin tahu apakah pesan SMS telah mencapai ponsel penerima dengan sukses. Untuk mendapatkan informasi ini, anda perlu menentukan bendera dalam pesan SMS ke pusat SMS memberitahukan bahwa anda menginginkan sebuah laporan status tentang pengiriman pesan SMS ini. Laporan status yang dikirim kepada Anda dalam bentuk pesan SMS.

Sebuah ponsel harus memiliki pilihan menu yang dapat digunakan untuk menentukan apakah fitur laporan status aktif atau nonaktif. Setelah pengaturan ini, ponsel akan menetapkan sesuai outbound bendera dalam pesan SMS untuk Anda secara otomatis. Laporan status Fitur ini dimatikan secara default pada kebanyakan ponsel dan GSM / GPRS modem.

5.3. Pesan Submission Laporan

Setelah meninggalkan ponsel, pesan SMS masuk ke pusat SMS. Ketika mencapai pusat SMS, SMS Center akan mengirimkan laporan pengiriman pesan ke telepon selular untuk menginformasikan apakah ada kesalahan atau kegagalan (misalnya format pesan SMS yang salah, sibuk SMS center, dll). Jika tidak ada kesalahan atau kegagalan, pusat SMS mengirimkan kembali positif penyerahan laporan ke ponsel. Kalau tidak, akan mengirimkan kembali laporan penyerahan negatif ke ponsel. Telepon selular mungkin akan memberitahu pengguna bahwa pesan pengajuan itu gagal dan apa yang menyebabkan kegagalan.

Jika ponsel tidak menerima laporan pengiriman pesan setelah jangka waktu tertentu, itu menyimpulkan bahwa laporan pengiriman pesan telah hilang. Telepon selular dapat mencentang ulang mengirim pesan SMS ke pusat SMS. Sebuah flag akan diset dalam pesan SMS untuk menginformasikan pusat SMS bahwa pesan SMS telah dikirim sebelumnya. Jika pengiriman pesan sebelumnya berhasil, pusat SMS akan mengabaikan pesan SMS, tetapi mengirimkan laporan pengiriman pesan ke ponsel. Mekanisme ini mencegah pengiriman pesan SMS yang sama kepada penerima beberapa kali.

Kadang-kadang mekanisme laporan pengiriman pesan tidak digunakan dan pesan pengakuan ketundukan dilakukan dalam lapisan yang lebih rendah.

5.4. Laporan pengiriman pesan

Setelah menerima pesan SMS, ponsel penerima akan mengirimkan laporan pengiriman pesan ke pusat SMS untuk menginformasikan apakah ada kesalahan atau kegagalan (contoh penyebab: tidak didukung format pesan SMS, tidak cukup ruang penyimpanan, dll). Proses ini transparan bagi pengguna mobile. Jika tidak ada kesalahan atau kegagalan, ponsel penerima mengirimkan kembali laporan pengiriman positif ke pusat SMS. Kalau tidak, mengirimkan kembali laporan pengiriman negatif ke pusat SMS.

Apabila pengirim meminta laporan status sebelumnya, pusat SMS mengirimkan laporan status ke pengirim jika pengiriman pesan menerima laporan dari penerima.

Jika pusat SMS tidak menerima laporan pengiriman pesan setelah jangka waktu tertentu, itu menyimpulkan bahwa laporan pengiriman pesan telah hilang. Pusat SMS kemudian kembali mengirimkan pesan SMS kepada penerima.

Kadang-kadang mekanisme laporan pengiriman pesan tidak digunakan dan pengakuan pengiriman pesan dilakukan di lapisan yang lebih rendah.

adreng


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: